Ini Doa Soekarno Usai Proklamasi tapi Belum Terkabul

Eramuslim.com -Usai membacakan teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945, Bung Karno lalu memanjatkan doa untuk bangsa Indonesia.

Seorang warganet pegiat sejarah menemukan bahwa ternyata ada sebuah doa yang masih belum terkabul hingga saat ini.

Sebuah akun Twitter pegiat sejarah, @mazzini_gsp mengunggah naskah doa yang dipanjatkan Bung Karno usai membacakan Teks Proklamasi.

Ia mendapatkan foto naskah doa itu kala mengunjungi sebuah pameran pada tahun 2018 ali di Artha Graha SCBD, Jakarta Selatan.

Berikut adalah doa yang dipanjatkan Soekarno kala itu.

“Bismillahirohmanirohim…

Ya Allah, Ya Tuhanku yang menciptakan segala bentuk kehidupan, yang merumuskan keadaan-keadaan, yang menentukan takdir dan menjadikan manusia hidup di dunia ini dengan segenap perdjoangannya..

Berikan kami kekuatan Ya Allah, untuk memulai sebagai bangsa, memulai kehitupan bersama di atas niat untuk merdeka, memulai sesuatu yang besar, yang Mahadahsyat di mana kami sudah mengimpi-impikannya sejak awal mula……

Berikan kami kemudahan dalam perdjoangan kami, agar kami menjadi bangsa yang terhormat, menjadi bangsa yang kaya, yang makmur dan di mana tidak ada kemiskinan yang memporak-porandakan kehidupan, menjadi bangsa yang paham akan hidup bersama dalam persatuan. 

Pada hari ini ya Allah, kami akan memulai sebuah babak baru dari sebuah jaman baru berikan kami jalan atas petunjukMu ya Allah, agar kami bisa yakin melangkah ke suatu arah di mana kami mungkin kelak akan gamang, akan ragu, akan takut tapi kami yakin ya Allah karena perlingunganMu mka kami yakin untuk melangkah”.