Ini Kriteria Calon Pemimpin Indonesia Menurut Amien Rais

Eramuslim.com -Mantan Ketua Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) Amien Rais memiliki harapan tersendiri untuk tokoh yang akan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Tidak sekadar berwibawa dan intelektual, melainkan selalu berpatokan dan menggunakan Alquran serta hadis dalam kesehariannya.

Sebab, menurut Amien, mereka akan lebih mencintai bangsa dan negara dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan Alquran dan hadis sebagai pedoman hidup. “Mereka akan taat hukum dan tidak melakukan perbuatan merugikan rakyat maupun negara ketika sudah menjadi pemimpin,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (30/3).

Saat ini, bangsa dan negara Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang membawa rakyat keluar dari berbagai krisis. Oleh karena itu, Amien berharap, para pemimpin kelak bisa, melindungi kepentingan rakyat dan negara Indonesia beserta aset-aset berharganya dari gangguan dan pencaplokan negara-negara lain. Baik itu yang dilakukan diam-diam maupun secara terang-terangan.

Selain itu, tokoh dan calon pemimpin bangsa dan negara tidak mementingkan pencitraan, melainkan benar-benar bekerja untuk kepentingan dan masa depan Indonesia. Ia optimistis, tokoh semacam itu ada di kampus-kampus besar, seperti Universitas Indonesia maupun perguruan tinggi lain.

Oleh karena itu, Amien mendukung mendukung rencana perkumpulan masyarakat profesional Muslim alumni Universitas Indonesia yang tergabung dalam Solidaritas Muslim Alumni Universitas Indonesia (SOLUSI UI) mengadakan Konvensi Capres dan Cawapres 2019.