Ini Maklumat Kapolda Metro Untuk Peserta Aksi 299

Eramuslim.com – Kepala Polda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengeluarkan maklumat yang ditujukan kepada peserta Aksi 299.

“Betul, pak kapolda mengeluarkan maklumat agar para peserta aksi menaati peraturan hukum yang berlaku di Indonesia,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Jumat, 29/9.

Maklumat tersebut tertera dengan nomor surat Mak/05/IX/2017 dan ditandatangani langsung oleh Kapolda Idham pada Selasa (26/9). Pada poin pertama, Idham meminta pengunjuk rasa saat melakukan aksi tidak membawa barang-barang berbahaya seperti senjata api, senjata karet, senjata tajam, dan alat pemukul.

Kedua, Idham menekankan agar masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat di muka umum harus mematuhi ketentuan ketentuan sebagaimana diatur dalam UU 9/1998 tentang Kemerdekaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

Selain itu, diingatkan bahwa sesuai dengan pasal 5 UU 9/1997, warga negara berkewajiban untuk menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain, menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum, menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum, dan menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.