Ini Respon Anies soal Dirinya Dipasangkan dengan Kaesang

eramuslim.com – Anies Baswedan yang berstatus sebagai petahana pada Pilkada Gubernur DKI Jakarta merespons kesiapan Kaesang yang bersedia jika dipaketkan dengan dirinya.

Pria yang dinilai sukses memimpin Jakata ini tak menutup diri jika akhirnya dipasangkan dengan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Menurut Anies, secara prinsip, tiap warga negara memiliki hak yang sama untuk maju dalam kontestasi Pilkada selama sesuai dengan aturan yang berlaku. Kaesang sendiri sudah dapat mengikuti Pilkada usai Mahkamah Agung (MA) meminta KPU mengubah aturan soal batas usia peserta Pilkada.

“Sebenarnya secara prinsip tiap warga negara memiliki hak yang sama. Hak yang sama untuk dipilih,” ujar Anies kepada wartawan, Kamis (13/6/2024).\

“Saya bisa katakan secara prinsip, negeri ini menganut prinsip itu, semua punya kesetaraan kesempatan,” sambungnya.

Meski demikian, ia menerangkan bahwa pada akhirnya soal pasangan bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya masih akan dibahas lebih lanjut bersama partai pengusung lainnya yang belum menentukan sikap.

“Dari situ kemudian nanti akan dicarikan, dicari kombinasi pasangan sebagai bagian dari proses politiknya,” ucap mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Sebab partai pengusungnya baru hanya PKB untuk Pilkada Jakarta. Anies menyebut belum membahas matang terkait calon wakil gubernurnya.

“Sekarang in kita memikirkan bagaimana agar tidak PKB sendirian, tetapi bisa bersama-sama dengan partai yang lain,” pungkas Anies.

Untuk diketahui, Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep berpandangan, situasi politik sangat dinamis dan akan terus berkembang. Untuk itu, dia mengaku harus siap jika nantinya dicalonkan, dan dipasangkan dengan siapa pun di Pilkada.

“Balik lagi, namanya politik kita ya enggak masalah kok dengan siapa pun,” kata Kaesang.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bahkan mengaku siap jika nantinya diduetkan dengan eks Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Kaesang menyampaikan bahwa Anies memiliki elektabilitas yang cukup baik di Jakarta. Hal ini bisa menjadi bekal yang baik untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta. Meski begitu, pembahasan mengenai peluang duet Anies dan Kaesang masih dalam tahap komunikasi antara pengurus PSI dan PKB di tingkat Provinsi Jakarta.

“Kalau itu kan komunikasinya sekarang masih di tingkat provinsi, di teman-teman Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) ya. Tapi kalau saya ditanya siap atau enggak, ya saya harus siap,” pungkas Kaesang.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar