Inilah HMAS Canberra, Kapal Induk Terbesar Aussie Yang Bersandar di Priok

Eramuslim.com -Kapal perang Angkatan Laut Australia HMAS Canberra (LHD-02) sudah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sejak Sabtu (18/5). Kapal itu menyambangi Indonesia dalam misi memperdalam kerja sama Australia dengan pasukan keamanan kawasan.

Dilansir dari situs resmi Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra merupakan kapal perang terbesar yang dimiliki Australia hingga saat ini.

Bahkan, saking besarnya, ukurannya hampir tidak muat saat akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.HMAS Canberra adalah kapal utama dari dua kapal Canberra Amphibious Assault Ships yang dikenal sebagai Landing Helicopter Dock (LHD). Berdasarkan desain Buque de Proyección Estratégica (Kapal Proyeksi Strategis) oleh pembuat kapal Spanyol Navantia.

Kapal tersebut mampu memuat helikopter atau pesawat tempur berkemampuan lepas-landas dan mendarat secara vertikal alias VTOL.

Di dalam daftar arsenal NATO, pesawat tempur yang memiliki kemampuan mendarat vertikal itu di antaranya adalah British Aerospace Harrier II atau McDonnel Douglas AV-8B Harrier II atau Lockheed Martin F-35B Lighting II.