Jaga Kekhusyukan Sholat di Masjid, Mahasiswa UIN-Ar Raniry NAD Ciptakan Islamic Jammer

Eramuslim.com – Dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menciptakan Islamic Jammer, sebuah alat yang dapat mematikan sinyal handphone (hp) dan sejenisnya di dalam Masjid.

Dua mahasiswa PTE UIN Ar-Raniry tersebut adalah Zuyadi dan Yulidatullah yang berada di bawah bimbingan Dr. Silahuddin, M.Pd dan Muhamaad Ihsan. Alat yang mereka buat itu dapat menonaktifkan HP dalam radius 15 hingga 20 meter.

Karya mahasiswa tersebut menjadi salah satu karya mahasiswa Aceh yang dipamerkan pada stand UIN Ar-Raniry di lokasi pelaksanaan International Islamic Education Expo (IIEE) di ICE BSD Serpong Provinsi Banten, pada 21 s/d 24 November 2017.

Mahasiswa penemu Islamic Jammer, Zuyadi mengatakan, karya mereka tersebut dapat digunakan untuk mematikan sinyal HP para jamaah di dalam masjid, sehingga para jamaah dapat melaksanakan shalat dengan khusyu’.

“Islamic Jammer dapat membantu para jamaah yang akan melaksanakan shalat di masjid atau mushalla dan tempat ibadah lainnya. Alat itu diformat dengan waktu tertentu, seperti mematikan sinyal HP pada saat iqamah sampai selesainya pelaksanaan shalat,” ujarnya.