Jend. (Purn) Gatot Soal Penangkapan Lieus: Beliau Pejuang Sejati

Sebelumnya, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno juga meyakini bahwa Lieus Sungkharisma sebagai sosok yang menjunjung tinggi nilai Pancasila sehingga tidak bersalah.

“Jadi mari kita sikapi dengan bijak dan saya yakin Pak Lieus itu orang yang sangat Pancasilais. Beliau seorang etnik Tionghoa yang dekat sama saya, pendukung, dan dia cinta kedamaian. Saya yakin beliau tidak bersalah dan beliau tidak makar,” kata Sandiaga seperti dikutip detik.com (20/05).

Menurut Sandiaga, bila semua dikategorikan makar maka dapat memberangus kebebasan demokrasi. “Satu lagi pendukung Prabowo-Sandi yang dikriminalkan, disangkutkan kepada masalah hukum. Kalau kita terlalu mudah semuanya di kategorikan sebagai kegiatan makar akan membengarus kebebasan berdemokrasi kita,” kata Sandi.

Lieus Sungkharisma ditangkap aparat kepolisian di Apartemen Hayam Wuruk. Lieus ditetapkan sebagai tersangka makar. Saat diamankan, tangan Lieus terlihat diikat dengan kabel tis berwarna putih.

Lieus sendiri menyatakan diperlakukan tidak manusiawi oleh oknum aparat. “Ditahan ya nggak apa-apa, saya udah, ikuti aja padahalkan panggilan baru dua. Saya langsung ditarik, saya diangkat kayak ogoh-ogoh ya kan. Jadi nggak adil-lah inilah,” kata Lieus kepada wartawan di Gedung Direktorat Reserse Kiriminal Umum Polda Metro Jaya (20/5).(kl/itoday)