Jerman Cukup Optimis China Tak Berani Kirim Senjata ke Rusia

eramuslim.com – Jerman yakin China tidak akan berani mengirim senjata ke Rusia. Hal tersebut disampaikan Kanselir Jerman Olaf Scholz selama wawancara dengan CNN TV yang ditayangkan pada Minggu (5/3).

Menurutnya, pemerintah China sendiri telah menyatakan tidak akan mengirim apa pun, sehingga ia yakin Beijing akan menahan diri.

“Saya relatif optimis bahwa Beijing akan menahan diri untuk tidak melakukannya (mengirim senjata ke Rusia),” ujar Scholz seperti dimuat Al-Arabiya.

Meski begitu, Scholz berjanji akan terus mengawasi gerak gerik China, dan jika benar membantu Rusia, maka Jerman akan mengikuti langkah AS yang berencana memberikan konsekuensi.

“Saya pikir itu akan memiliki konsekuensi, tetapi kami sekarang berada dalam tahap di mana kami menjelaskan bahwa ini tidak boleh terjadi. Kami harus melihat (itu) dan kami harus sangat, sangat berhati-hati,” tegasnya.

Scholz tidak merinci sifat konsekuensinya, tetapi China merupakan mitra dagang tunggal terbesar Jerman dalam beberapa tahun terakhir.

[Sumber: RMOL]