Demokrat: Jika Jokowi Menang, Kami Bebas Tentukan Sikap

Eramuslim.com – Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Presiden Jokowi, Kamis (2/5) sore di Istana Kepresidenan, Jakarta. Pertemuan itu, disinyalir sebagai sinyal Partai Demokrat akan bergabung dengan koalisi pemerintah.

Ketua Divisi Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan, pertemuan AHY dengan Jokowi bukan berarti sinyal partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akan meninggalkan koalisi Prabowo-Sandi.

Ia menjamin partainya akan menyelesaikan kewajiban politik bersama Prabowo hingga keputusan KPU soal hasil Pilpres ditetapkan.

“Pertemuan ini juga jangan diartikan bahwa seolah Demokrat meninggalkan koalisi Adil Makmur dan pindah ke koalisi Jokowi. Politik tidak seperti itu. Partai Demokrat akan menyelesaikan kewajiban moral politiknya di koalisi Adil Makmur hingga selesai ditetapkan oleh KPU,” kata Ferdinand saat dihubungi, Kamis (2/5).

Namun, Ferdinand menilai partainya akan membuka berbagai kemungkinan. Menurut dia, apabila Prabowo menang pada saat pengumuman KPU 22 Mei mendatang, ia menjamin Demokrat akan tetap setia bersama koalisi Indonesia Adil Makmur.

Namun, jika Jokowi yang keluar sebagai pemenang, maka kata Ferdinand, partainya akan menjadi partai bebas yang akan menentukan arah selanjutnya.