Kapolda Jatim, Nico Afinta, Namanya Tersangkut Tragedi Kanjuruhan

eramuslim.com  – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur alias Kapolda Jatim, Nico Afinta, paska namanya muncul dalam kasus Sambo, kini kembali disorot lantaran komentar kontroversialnya atas terjadinya tragedi Stadion Kanjuruhan, yang telah menewaskan ratusan suporter setelah pertandingan Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu 1 Oktober 2022.

Kapolda Jatim pun panen kritik pedas akibat menyebut penembakan air mata yang telah dilakukan aparat keamanan saat terjadinya kericuhan usai laga sebagai hal wajar.  Nico mengklaim tindakan tersebut sesuai prosedur. Walaupun di lain sisi hal itu bertentangan dengan regulasi federasi sepakbola internasional dari FIFA.

Dalam hipotesisnya, kepala polisi Jatim itu meyakini, jatuhnya korban jiwa lebih dari seratus itu bukan dikarenakan langsung oleh gas air mata.  Tetapi akibat proses penumpukan dan berdesakan di pintu keluar ketika suporter panik dan menghambur ke luar stadion.

“Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen.” Terangnya

Akibat komentarnya tersebut, Kapolda Jatim ini ramai-ramai “dirujak” warganet. Namun, tragedi Kanjuruhan bukanlah peristiwa pertama yang membuatnya jadi bulan-bulanan warganet. (terkini)