KPK Pastikan Edaran Isu Firli Bahuri Terima Suap Rp 2,3 Triliun dari Anies adalah Hoaks

Beredar Isu Firli Bahuri Terima Suap Rp 2,3 T dari Anies, KPK Pastikan Itu Hoaks

eramuslim.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan infomasi yang menarasikan Ketua KPK Firli Bahuri menerima suap dari Anies Baswedan adalah hoaks atau berita bohong.

KPK mengklarifikasi video di Youtube yang berjudul ‘Disuap Anies 2,3 Triliun Sri Mulyani Bongkar Kelakuan Firli Bahuri Selama Ini.’ Unggahan itu menarasikan Menteri Keuangan Sri Mulyani membongkar suap yang diberikan bakal calon presiden Anies Baswedan kepada Ketua KPK Firli Bahuri.

Pada cover video, terdapat gambar seolah Sri Mulyani sedang menghadap Presiden Joko Widodo dengan Anies dan Firli dikawal aparat kepolisian. Di dalam gambar juga terdapat tumpukan uang yang seolah menjadi barang bukti.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri memastikan kabar tersebut bohong alias hoaks.

“Dalam Informasi yang diunggah melalui media sosial YouTube mengutip pernyataan berbagai tokoh secara tidak utuh kemudian menambahkan narasi yang memuat informasi hoaks atau tidak benar,” kata Ali lewat keterangannya, Rabu (8/7/2023).

KPK meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati setiap menerima informasi di internet.

“Kepada masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati dengan berbagai modus penipuan dan penyebaran Informasi hoaks khususnya yang mencatut nama KPK,” kata Ali.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melapor ke aparat penegak hukum ketika menemukan informasi bohong atau menyesatkan.

“Bagi yang mengetahui adanya modus-modus kejahatan tersebut, untuk segera melaporkannya kepada KPK ataupun Aparat Penegak Hukum lainnya agar bisa segera ditindak lanjuti,” imbau Ali.

“Masyarakat dapat menyampaikan laporannya melalui email [email protected] atau call centre KPK 198,” sambungnya.

 

 

[Sumber: Suara]