Mahasiswa: DPR Sekarang Kerjanya ‘Asal Bapak Senang’

Eramuslim.com – Aliansi mahasiswa dari berbagai universitas kembali menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU KUHP di depan Gedung DPR. Aksi kembali dilakukan lantaran mereka menilai DPR berbohong karena mengingkari kesepakatan terkait RUU KUHP beberapa waktu lalu.

“Aksi tanggal 19 kemarin dijanjikan mahasiswa dilibatkan pada setiap pembahasan RUU KUHP dan UU baru, pada kenyataanya apa? Kawan-kawan kita masih berbaris di sini, nggak ada undangan dari DPR, DPR bohong,” kata salah satu perwakilan mahasiswa yang merupakan Kepala Departemen Kajian Strategis BEM UI, Elang ML kepada wartawan di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Elang mengatakan, saat bertemu dengan perwakilan mahasiswa pada 19 September 2019 lalu, DPR berjanji akan melibatkan mahasiswa dalam pembahasan RUU KUHP. Namun janji itu, kata dia, tidak direalisasikan.

“Jadi banyak sekali UU bermasalah yang dilanjutkan aja, dipaksakan, saya rasa kita nggak masuk era reformasi pada 2019 ini, kita kembali ke era orde baru, demokrasi diberantas, pemberantasan korupsi diperlemah, kultur pembentukan peraturan oleh DPR maupun presiden itu sama seperti orde baru,” sebut Elang.

Elang juga mengatakan DPR saat ini hanya asal bapak senang. Pihaknya pun mempertanyakan fungsi DPR sebagai lembaga legislasi.