Maruf Amin Kesengsem K-Pop, Ahmad Dhani: Musisi Indonesia Jauh Lebih Bermutu!

Agar lebih mudah dipahami, Dhani kemudian membandingkan dengan industri mobil di Korsel yang telah dimulai sejak 20 tahun lalu. Sementara di Indonesia, industri semacam itu masih sebatas fiksi.

Artinya, sebelum masuk ke industri musik dunia, pemerintah harus masuk dulu dalam dunia industri.

“Musisi Indonesia jauh lebih bermutu daripada Korea Selatan. Hanya saja selama ini belum ada presiden yang punya skill soal industri dunia,” demikian Dhani.

Dalam peringatan 100 tahun kedatangan orang Korea di Indonesia pada Minggu (20/9), Maruf Amin menyampaikan harapan agar budaya K-Pop dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri.

Menurutnya, kecintaan orang Indonesia terhadap K-Pop menunjukkan keberhasilan Korsel dalam industri musik dan membawa pengarus budaya Korea lain ke Indonesia, seperti makanan, drama, film dan mode. Namun agaknya Maruf Amin lupa atau malah tidak tahu jika invasi budaya pop Korea Selatan ke dunia itu adalah hasil blue-print matang dan kolaborasi antara pemerintah dengan industri kreatif di Negeri Ginseng tersebut. Pemerintahnya benar-benar mendukung dengan berbagai kebijakan dan kemudahan, beda dengan di Indonesia yang biasanya cuma sebatas jargon alias omdo. []