free hit counters
 

Mencurigakan! Cuma Ikut Festival Buku Internasional, Kemendikbud Sampai Habiskan Anggaran Rp.146 Miliar

Redaksi – Minggu, 1 November 2015 07:00 WIB

anies-baswedan-dan-Goenawan-mohamad-antara-595x279-310x205Eramuslim.com – Hanya ikut menjadi tamu kehormatan di dalam festival buku internasional Frankfurt 2015 di Jerman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menghabiskan uang rakyat 10 juta Euro atau setara dengan 146 miliar rupiah! Ini tentu saja teramat sangat mencurigakan. Acara yang diketuai Goenawan Mohamad, tokoh liberal ini tentu harus diusut.

“Anggaran negara sampai Rp 146 miliar hanya untuk acara pameran buku di Frankfurt. Proyek itu juga diduga tanpa tender atau asal main tunjuk. Ini sudah tidak benar,” ujar pengamat politik Muslim Arbi dalam keterangannya kepada wartawan (29/10).

Dalam keterangan itu, Muslim mendesak agar Komisi X DPR RI memanggil semua panitia maupun pihak Kemendikbud yang terkait dalam pengeluaran anggaran sebesar Rp 146 miliar untuk acara pameran buku Frankfurt.



“Komisi X  jangan hanya diam saja. Mekanisme pengeluaran anggaran untuk pameran buku pun tidak jelas. Ini uang rakyat dan harus dipertanggungjawabkan,” tegas Muslim.

Lebih lanjut, ia meminta KPK untuk tidak takut memanggil ketua panitia delegasi Indonesia yang juga budayawan, Goenawan Mohamad, maupun Mendikbud Anies Baswedan untuk mengungkap kasus ini.

“Jangan sampai KPK takut saat mau memeriksa Goenawan Mohamad. Ini untuk keadilan,” tandasnya.

Sementara itu, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim pernah mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan anggaran sebesar 10 juta euro untuk berpartisipasi dalam acara pameran buku Frankfurt. “Anggarannya sebesar 10 juta Euro dari Diknas,” aku Ainun Naim. (ts)

Berita Nasional Terbaru