Menpora akan Menyelenggarakan Pesta Olahraga Tradisonal untuk Masyarakat Aceh dan Eks GAM

Kementerian Pemuda dan Olahraga, berencana akan bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesra, untuk melaksanakan program pemasyarakatan olahraga, serta program pembinaan dan peningkatan partisipasi pemuda di Aceh, sebagai bentuk implementasi pelaksanaan MOU RI dan GAM butir 3.2 yaitu pelaksanaan reintegrasi eks GAM kedalam masyarakat.

Demikian pernyataan Menteri Negara Pemuda dan olahrag Adhyaksa Dault dalam raker dengan komisi X, di gedung DPR RI Jakarta, Senin (20/02)

Menurutnya, dalam penerapan program pemasyarakatan olehraga, pihaknya berencana menyelenggarakan eventpesta olahraga tradisonal Aceh, yang melibatkan seluruh unsur masyarakat termasuk mantan anggota GAM.

"Even ini bertujuan mempercepat pembauran masyarakat eks GAM dengan masyarakat NAD, pada acara ini juga akan diserahkan bantuan peralatan olehraga, " jelasnya

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk meningkatakan kuantitas dan kualitas olehraga dilingkungan masyarakat Aceh, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan membangun kerjasama dengan Universitas Syah Kuala, untuk mengadakanpelatihan guru pendidikan jasmani. Selain itu, bersama dengan Pemda NAD, akan menyelenggarakan dialog pemuda tingkat regional di BAnda Aceh, serta pelatihan Kepemimpinan pemuda yang berbasis teknologi.

"Kegiatan ini, sangat berguna untuk menumbuhkan rasa saling percaya di antara pemuda Aceh dan pemuda eks GAM, guna mengembalikan kepedulian mereka, " katanya

Sementara itu, anggota komisi X dari FPDIP, Suratal menyambut positif rencana implementasi MOU Aceh melalui program-program kepemudaan. Dirinya mendesak Menpora untuk segera melaksanakan program-program yang sudah dilaksanakan. (Novel/Travel)