Najwa Shibab Bilang: Emang Kenapa Kalau Media Gak Netral?

Eramuslim.com – Siapa yang tidak mengenal Najwa Shihab? Pembawa acara berita sekaligus founder dari Narasi TV ini selalu lantang menyuarakan kepentingan publik. Pun, saat dia menjadi salah satu pembicara di acara Indonesia Writers Festival 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang Selatan, Jumat 6 September 2019.

Kala itu, publik dibuat terdiam kala Najwa Shihab membalikkan pertanyaan mahasiswa yang ditujukan padanya. Salah seorang mahasiswa bertanya mengenai sikap milenial yang kian ragu pada media, karena kebanyakan media tidak netral dan cenderung berpihak

“Memangnya kenapa kalau gak netral? Saya gak netral, saya berpihak, tapi saya independen. Netral itu tidak berpihak ke mana pun, ke siapa pun. Kalau independen itu tidak ada kepentingan apa pun, kecuali kepentingan publik dan kebenaran,” jawab Najwa lantang.

Menurut Nana, sapaan akrab Najwa Shihab, justru kita harus menunjukkan keberpihakan. Kunci kaidah jurnalisme adalah fakta dan verifikasi, itu yang membedakan berita jurnalisme dengan propaganda. Tapi bukan berarti jika menunjukkan keberpihakan, lantas jadi tidak independen.