Nasihat Ust Abdul Somad Untuk Pilkada 2018

Eramuslim – Pilkada serentak 2018 menjadi salah satu agenda besar bangsa Indonesia. Ratusan daerah di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi melakukan pemilihan pemimpin yang akan menentukan masa depan daerahnya dalam 5 tahun kedepan.

Tidak dapat diingkari, banyak umat yang mengalami kebingungan dalam menghadapi pilkada serentak 2018 ini. Pasalnya, tidak semua calon merepresentasikan umat Islam. Bahkan ada calon Muslim yang berpasangan dengan non Muslim.

Lantas, siapakah yang layak dipilih dalam pilkada serentak 2018 yang akan dihelat 3 bulan mendatang? Ustadz Abdul Somad Lc MA menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Jangan Pilih Pemimpin Kafir

Ustadz Somad menyampaikan nasihat agar umat Islam tidak memilih partai politik yang mendukung pemimpin kafir.

“Jangan memilih partai yang mendukung pemimpin kafir.” kata Ustadz Somad saat mengisi ceramah Subuh di Masjid Nurul Islam KPR1 Indah Kiat Perawang beberapa waktu lalu.

Pilih yang Paling Berkualitas

Jika dalam masing-masing calon terdiri dari kombinasi Muslim dan non Muslim, Ustadz Somad memberikan panduan agar umat memilih yang paling berkualitas.

“Pilihlah yang paling berkualitas.” katanya menerangkan.

Dai lulusan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini menjelaskan cara mengenali pemimpin yang baik, lalu memutuskan untuk memilihnya.

“Gunakan telinga, dengar baik-baik. Pasang mata, tengok baik-baik. Gunakan hati untuk merenung. Inilah hati yang bercahaya.” terangnya gamblang.