Pakar Medsos: Prabowo Ditinggalkan Pendukungnya karena Sudi Temui Jokowi

Eramuslim.com – Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, melakukan pemetaan atas peristiwa pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) akhir pekan lalu. Bagaimana reaksi kedua pendukung mereka atas pertemuan tersebut?

Drone Emprit mencoba melihatnya melalui analisis percakapan atas kata kunci kedua tokoh yaitu ‘Jokowi’ dan ‘Prabowo’. Analisis tersebut terkhusus pada hari pertemuan.

“Kalau dilihat tren sebelum dan sesudah hari pertemuan mereka, dari 12-14 Juli, tampak bahwa tren percakapan tentang kedua tokoh sebelumnya relatif rendah (12 Juli), dan naik pesat pada tanggal 13 Juli, setelah berita pertemuan kedua tokoh muncul di media dan media sosial. Tren masih agak tinggi pada hari berikutnya (14 Juli),” kata Ismail dalam akun resminya, dilihat Senin (15/7).

Volume percakapan pada hari pertemuan memperlihatkan bahwa fokus publik adalah pada Prabowo sebanyak 332 ribu mention (60%) dibandingkan Jokowi 249k mention (40%). Prabowo Iebih banyak disoroti terkait pertemuan ini.

“Ketika melihat peta SNA dari percakapan tentang ‘Prabowo’ pada hari pertemuan tersebut. tampak seperti ada cluster yang tertukar,” katanya.