PBNU Minta Presiden GIDI Jangan Cari Kambing Hitam, Apalagi Salahkan TNI/Polri

pbnuEramuslim.com – Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) mengendus tindakan Presiden Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) Pdt Dorman Wandikmbo yang mulai mencari kambing hitam.

“Ternyata presiden GIDI mulai mencari kambing hitam, mereka ga boleh mencari kambing hitam, misalkan kambing hitamkan TNI-Polri,” kata Ketua PBNU Slamet Effendy Yusuf (20/7).

Menurutnya, hal tersebut terlihat saat Presiden GIDI mengatakan insiden Tolikara disebabkan oleh umat muslim sendiri yang tidak mendengarkan peringatan yang dilayangkan dalam bentuk surat.

“Sebenarnya itu tidak bisa dia (Pdt Dorman) bicara seperti itu, umat Islam punyak hak untuk melakukan salat, ini alasan yang diada-adakan, negara harus bertindak tegas,” jelasnya.

Menurutnya, insiden Tolikara terjadi karena selama ini tidak adanya tindakan tegas dari pemerintah soal ibadah umat muslim yang kerap mendapat gangguan ketika menjalankan ibadahnya.

“Suasana di Papua itu sudah sering kali ibadah umat Islam diganggu, karena tidak ada tindakan apa-apa, lalu mereka makin berani termasuk membuat surat yang isinya melarang (salat), itu surat yang keterlaluan,” ujarnya.(rz/inilahcom)