Peneliti Senior INDEF: Demo Mahasiswa Murni Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Eramuslim.com – Ada kalanya aksi demonstrasi ditunggangi oleh kepentingan segelintir kelompok tertentu. Namun tidak dengan rentetan aksi ribuan mahasiswa di gedung DPR/MPR yang berlangsung hingga kini. Mereka bangun secara spontan untuk membela kepentingan rakyat.

“Bisa jadi memang penunggangan kepentingan selalu ada. Tapi kalau anatominya, menurut saya lebih karena ancaman kepentingan nasional,” kata Peneliti Senior Indef Prof. Dr. H. Didin S. Damanhuri, di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Senin (24/9).

Didin menilai, aksi demo kali ini merupakan renspons spontan terhadap adanya ancaman terhadap demokrasi dan perabadan yang bersih. Menurut dia, adanya pasal-pasal karet seperti pelemahan KPK dan aspirasi dalam demokrasi yang berujung bui merupakan ancaman terhadap kepentingan nasional.

“Saya kira, demo mahasiswa ini adalah sangat spontan. Kebetulan ada momentum, dan untuk menunjukkan ketika mereka dibilang kemana selama ini, yakni menunjukkan eksistensinya sebagai pejuang rakyat,” kata guru besar Fakultas Ekonomi dan Politik IPB tersebut.