Persekusi #2019GantiPresiden Rugikan Elektabilitas Jokowi

Eramuslim – Rizal Ramli menilai pelarangan aktivitas #2019GantiPresiden merupakan cara terburuk dalam berkampanye yang dilakukan pendukung Jokowi, meski Rizal yakin pelarangan itu bukanlah perintah Jokowi. Pelarangan itu malah bisa menggerus elektabilitas Jokowi.

Mantan Menko Perekonomian itu angkat bicara mengenai deklarasi #2019GantiPresiden yang mendapat banyak penolakan di sejumlah daerah. Dia menyebut menghadang acara demokrasi bukan ciri negara demokratis.

“Saya kira menghadang pertemuan, menghadang diskusi itu bukan ciri-ciri negara demokratis. Hari ini saya terkejut-kejut, terajaib-ajaib, kok orang mau adain pertemuan dihadang, dilarang, orang adakan diskusi nggak boleh, jangan tarik mundur demokrasi dong. Kita perjuangkan demokrasi termasuk angkatan ’98, dengan keringat dan darah, jangan tarik mundur demokrasi,” ujar Rizal di Anomali Coffe Menteng, Jl Teuku Cik Ditiro, Jakarta Pusat, Selasa (28/8).

Rizal menyarankan kepada para pendukung Presiden Joko Widodo untuk melakuan diskusi debat dengan pendukung Prabowo bukan malah menghadang acara tersebut agar tidak berlangsung.

“Kalau mau diskusi, silakan. Kalau tidak suka dengan isi diskusinya, kirim dong aktivis pro Jokowi buat debat di sana kalau memang jagoan, atau tidak suka dengan acaranya, buat juga acara sendiri yang lebih hebat, tandingan, selama ini juga terjadi yang di kubu Jokowi boleh buat acara, jadi jangan seperti itu,” ucap dia.