Pesantren di Tasik Siap Tampung Pengungsi Rohingya

Eramuslim.com -Pondok pesantren di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menyatakan kesiapannya menampung pengungsi Rohingya yang menjadi korban kekerasan dan konflik kemanusiaan. Ini sebagai bentuk kepedulian sesama muslim.

“Tidak ada alasan tolak pengungsi ditampung ke ponpes (pondok pesantren), mereka terzalimi, jadi banyak berkah kalau menampung mereka,” ujar perwakilan pondok pesantren di Tasikmalaya, KH Aminuddin Bustomi seperti dilansir Antara, Senin (4/9).

Berdasarkan informasi yang diterima pesantren Tasikmalaya, muslim Rohingya sudah sampai ke wilayah Provinsi Aceh. Para pengungsi tersebut tentunya tidak hanya ditampung di Aceh, tetapi akan disebar ke beberapa daerah di Indonesia. “Kalau itu (disebar) dilakukan kapan pun kami siap,” katanya.

Mekanismenya harus koordinasi dengan pemerintah melalui Kementerian Agama dan Kementerian Sosial agar penyebaran muslim Rohingya merata ke setiap daerah. Dia menyebut, Tasikmalaya memiliki 264 pesantren yang dapat menampung ribuan orang.

“Jumlah diatur lembaga masing-masing, misal satu ponpes tampung 10 orang, total Ponpes 264 bisa tampung ribuan orang,” katanya.

Perwakilan pesantren dan organisasi masyarakat Islam se-Kota Tasikmalaya menggelar musyawarah menyikapi persoalan yang menimpa Rohingya di Myanmar. Berangkat dari keprihatinan kondisi muslim Rohingya, mereka terpanggil memberi bantuan.

“Ini bentuk kepedulian, di ponpes memang sudah banyak menampung yatim, nanti kebutuhan ditanggung lembaga,” katanya.

Aminuddin menyampaikan, umat Islam di Indonesia tidak berdiam diri dengan tragedi kemanusiaan di Myanmar. Ia mengajak seluruh muslim meningkatkan kepedulian dan siap membantu warga Rohingya.

“Sebab masalah ini sudah jadi konsumsi dunia internasional,” kata Pimpinan Ponpes Sulalatul Huda itu.(kl/mdk)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/konspirasi-penggelapan-sejarah-indonesia-eramuslim-digest-edisi-10.htm