PP Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha, Pada Hari Kamis 20 Desember

PP Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1428H jatuh pada hari Kamis, 20 Desember 2007. Keputusan itu sesuai dengan Maklumat nomor 06/MLM/I. 0/E/2007, yang di dalam berisi dasar penetapan hari besar serta himbauan kepada warga Muhammadiyah.

Penetapan Idul Adha ini berdasarkan hasil hisab hakiki oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, yang selalu digunakan oleh ormas terbesar ini dalam menentukan awal bulan hijriah. Selain itu, yang menjadi dasar penetapan Idul Adha antara lain, penetapan tanggal 1 Dzulhijjah yang jatuh pada hari Selasa 11 Desember 2007, dan penetapan hari Arafah 9 Dzulhijjah yang bertepatan dengan tanggal 19 Desember 2007.

Maklumat tersebut telah ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, pada 3 Desember lalu.

PP Muhammadiyah meminta warganya untuk mempersiapkan pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha, dengan berkoordinasi serta bekerja sama dengan berbagai pihak. Terkait dengan ibadah Idul Adha lainnya, PP Muhammadiyah juga mengimbau umat Islam untuk berpuasa Arafah pada 9 Dzulhijjah, dan menyembelih hewan kurban, serta memperbanyak membaca takbir sejak malam Idul Adha hingga hari tasyrik.

Sementara itu, pemerintah rencananya akan menetapkan hari raya Idul Adha, setelah menggelar sidang itsbat yang akan dilakukan pekan depan. (novel/moi)