Proyek Raksasa ‘Ra Mikir’ Rezim Jokowi: Tol Trans Sumatera Mangkrak

janji jokowiEramuslim.com – Pengerjaan tol Sumatera terancam mangkrak. Lantaran proyek yang sudah dicanangkan sejak dua tahun lalu, pengerjaannya baru 10%.

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), M Choliq saat ditemui wartawan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku saat ini yang menjadi kendala di lapangan ada banyak. Salah satunya, kata dia, masalah lahan.

“Tanah bebasnya baru 10 persen, (padahal) rute Bakauheni sampai Palembang sepanjang 400 km. Baru 40 km padahal harus selesai sebelum Asean Games (2018),” ungkap Choliq di Jakarta, Rabu (11/5/2016). Pembebasan tanah sebenarnya bukan masalah, yang jadi masalah adalah uangnya gak ada.

Saat ditanya apakah pihaknya masih optimis mengejar megaproyek itu sampai Asean Games yang sedianya bakal dihelat pada dua tahun mendatang ia melemparkan pertanyaan kembali pada wartawan. “Tanya ibu (Menteri BUMN, Rini Soemarno), ini (saja) baru 10 persen. Apa bisa selesai,” ungkapnya.

Dia menyebut proyek yang murni dikerjakan oleh BUMN karya ini sudah dikerjakan oleh Waskita sepanjang 40 km yakni Km 40- KM 80 ruas bakauheni- temanggipsar. “Ini juga belum kelar tapi sudah dikerjain,”ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan disamping karena tanah, proyek ini mandek karena APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara) habis. Dia bilang solusinya adalah mencari dana talangan.

Namun sayangnya administrasi dana talangan sampai dengan hari ini belum juga selesai. “Kendalanya banyak. Mulai dari tanah hingga APBN habis. Caranya dengan dana talangan. Tapi, administrasi dana talangan sampai hari ini juga belum selesai,”tukasnya.(ts/inilah)