Ridwan Kamil: Jangan Merayakan Valentine Day

RIDWAN-KAMIL1Eramuslim.com – Pemerintah Kota Bandung melarang setiap siswa sekolah di Kota Bandung merayakan kegiatan hari valentine atau hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari.

“Jangan merayakan sesuatu yang kita tidak pahami dengan pasti. Kepada warga Bandung, terutama pelajar dan mahasiswa sebaiknya tidak merayakan Hari Valentine,” ujar Walikota Bandung yang baru saja meraih penghargaan pemerintahan terbaik, Sabtu (13/2), di laman fanpagenya.

Ridwan Kamil menyertakan Surat Edaran Larangan Perayaan Valentine Day yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudia Permana mengatakan, Surat Edaran Larangan Perayaan Valentine Day disebar ke semua SD, SMP, dan SMA di Kota Bandung.

Surat tersebut, kata Elih, merupakan bentuk antisipasi dari Pemkot Bandung yang menemukan adanya kecenderungan Valentine kerap dijadikan hari spesial yang berdampak merusak moral generasi muda.

“Kami dapatkan di medsos kan sampai kepada seks bebas, pesta dengan pakaian kurang senonoh, minum-minum (beralkohol). Kami khawatir itu ditiru oleh anak anak. Makanya, kami tegaskan (sebarkan surat larangan),” ujar Elih ditemui di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Kamis (11/2/2016).

Dia juga mengimbau kepada pihak guru di sekolah agar turut memantau kegiatan anak didiknya serta memberikan informasi kepada orangtua siswa. “Kami juga harapkan tiap siswa membaca historis hari Valentine itu sendiri,” ucap dia.(ts/pp)