Rumah Dp 0 Rupiah Anies-Sandi Sudah Bisa Dipesan Awal Mei

Eramuslim – Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyakinkan bahwa warga sudah bisa memesan rumah dengan uang muka (Down Payment/DP) nol rupiah awal Mei mendatang.

Kepastian tersebut didapat setelah Pemprov DKI meneken satu dari dua Peraturan Gubernur (Pergub) untuk memayungi program rumah DP nol rupiah.

“Insya Allah penjualannya bisa dilaunching akhir bulan April atau awal bulan Mei,” ujar Sandi di Pasar Koja, Jakarta Utara, Selasa (17/4).

Sandi membenarkan bahwa Pergub tentang Unit Pelaksana Teknis (UPT) telah diteken pada Senin (16/4/2018). Pemprov DKI kini tengah mencari personel yang akan mengisi UPT rumah DP nol rupiah.

(Dok. Dinas Kominfotik DKI)

Pergub lainnya, tentang mekanisme pembiayaan program, belum diteken. Sandi mengatakan Pemprov DKI Jakarta masih memerlukan kajian lebih lanjut terkait mekanisme pembiayaan.

“Satu-dua minggu ini kami juga akan melengkapi dengan Pergub pembiayaannya,” kata Sandi.

Sebelumnya, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta menargetkan pembentukan UPT program Rumah DP Nol Rupiah pada April 2018. Anies pun diminta untuk meneken Pergub soal UPT ini pada 16 April 2018.

Selain itu, Sandi mengatakan setelah pembentukan UPT, warga akan bisa memesan unit rumah DP nol rupiah yang sudah mulai dibangun di Kelapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.(tsc)