free hit counters
 

Said Didu: Implementasi Tol Laut Cuma Mengecat Kapal dengan Tulisan “TOL LAUT”

Redaksi – Jumat, 11 Januari 2019 10:30 WIB

Sebelumnya, ekonom Faisal Basri menilai, program tol laut yang digagas Pemerintahan Jokowi masih gagal, karena tidak terbukti menurunkan biaya logistik. Selain itu, saat ini angkutan barang masih terpusat di  jalur darat.

“Yang mempersatukan pulau-pulau itu kan laut, ngomongnya tol laut segala macam tapi enggak ada efeknya ke logistic cost tetap paling tinggi, 24 persen dari PDB,” kata Faisal pada sebuah diskusi di Le Meridien, Jakarta (22/11/2018).

Menurut Faisal Basri, kegagalan tol laut disebabkan belum mampunya program tersebut memikat perusahaan logistik yang selama ini menggunakan jalur darat.

“Karena tidak terjadi shifting angkutan barang dari darat ke laut. Tidak terjadi. Jadi omong doang namanya tol laut itu. Logistic cost gak pengaruh karena tetap 90 persen barang di Indonesia diangkkut lewat truk padahal negara maritim. Sementara di dunia, 70 persen barang diangkut pakai kapal. Padahal seluruh dunia kan bukan negara maritim seperti Indonesia,” tegas Faisal Basri seperti dikutip merdeka.com (22/11).(kl/itoday)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus