Salah Input KPU Untungkan Jokowi Lagi, Kali Ini Terjadi di Tapanuli Selatan

Eramuslim.com – Salah input data dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) di situs KPU kembali terjadi. Kini salah entry data terjadi di TPS 005, Kelurahan Batang Tura Sirumambe, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Penelusuran merdeka.com, Jumat (19/4), dalam form C1 yang diunggah, Jokowi-Ma’ruf mendapat 27 suara, sementara Prabowo-Sandiaga peroleh 157 suara.

Namun, dalam data yang diinput oleh KPU, perolehan Jokowi-Ma’ruf menjadi 127 suara. Sementara Prabowo-Sandiaga tetap mendapat 157 suara.

Dikonfirmasi soal banyaknya salah data di Situng, Komisioner KPU Evi Novida Malik menjelaskan, Situng adalah upaya pihaknya untuk menjadikan Pemilu serentak transparan dan siapapun bisa melihat penghitungan suara. Apabila ada kesalahan, KPU tak menutup diri untuk melakukan koreksi.

“Ini adalah bagian dari transparansi kami sebagai penyelenggara Pemilu. Setiap orang boleh memberikan masukan bila ada yang tidak pas dientry,” jelas Evi kepada merdeka.com, Jumat (19/4).

Evi pun menegaskan, kesalahan entri di TPS 093 di Bidara Cina telah diperbaiki. Dalam Situng KPU. Begitu juga jika terjadi pada TPS-TPS lainnya.

“Data scan dan upload adalah data sementara, pada penghitungan di TPS para saksi dan Panwas mendapatkan salinannya juga. Pada rekapitulasi di PPK dapat dikoreksi bila ada kesalahan. Bila kesalahan input maka kita koreksi input sesuai C1,” tutup dia.

KPU meminta KPU di kabupaten/kota lebih teliti dalam memasukkan data. Tidak terburu-buru dan hato-hati sehingga tidak terjadi salah entry data.(kl/mdk)

Salah input katanya, tapi anehnya kok menguntungkan Jokowi terus ya?