SBY: Jokowi Salah, Utang Indonesia ke IMF Sudah Lunas Tahun 2006

JOkowi1Eramuslim.com – Jokowi pantas disebut presiden asbun atau presiden ora mikir. Kali ini mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang terpaksa mengklarisifikasi omongannya Jokowi tentang Indonesia masih berutang pada IMF. SBY disebutkan tak mau disebut berbohong soal utang luar negeri Indonesia. Maka, sambil minta maaf, mantan Presiden RI itu mengatakan dirinya terpaksa mengkoreksi pernyataan Presiden Joko Widodo.

“Pak Jokowi mengatakan yang intinya Indonesia masih pinjam uang ke IMF. Berarti kita dianggap masih punya utang kepada IMF,” tulis SBY dalam akun Twitternya (28/4).

“Saya harus mengatakan bahwa pernyataan Pak Jokowi tersebut salah. Indonesia sudah melunasi semua utang kpd IMF pada tahun 2006 lalu,” sambung SBY.

Dia menjelaskan, sejak 2006, Indonesia tidak jadi pasien IMF. Tidak lagi didikte IMF, dan merdeka serta berdaulat untuk merancang pembangunan ekonomi kita.

“Utang Indonesia ke IMF yang keseluruhannya berjumlah 9,1 miliar dolar AS, sisanya telah kita lunasi tahun 2006, empat tahun lebih cepat dari jadwal,” demikian SBY. (rz)