Yusril pun Masuk Tim Pakar Debat Jokowi-Ma’ruf…

Menurutnya, tawaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf meminang Yusril tak terlepas dari intensnya komunikasi kedua belah pihak.

“Dan satu hal, Pak Yusril berpandangan bahwa Jokowi masih mau mendengar saran, masukan, dan pandangan-pandangannya. Berbeda dengan kubu sebelah,” kata Afriansyah menegaskan.

Debat perdana yang mengangkat tema hukum dan HAM, kata Afriansyah, juga menjadi pertimbangan TKN menggunakan jasa Yusril sebagai mentor debat. Diketahui, pakar hukum tata negara itu pernah mengisi jabatan menteri hukum dan HAM di dua era: Gus Dur dan Megawati.

“Tapi saya belum dapat memastikan, apakah mentor debat ini hanya cukup pada debat perdana atau seterusnya. Saya rasa ini bergantung kebutuhan TKN,” kata dia.

Afriansyah mengakui sejak keputusan Yusril menjadi kuasa hukum, hingga saat ini menjadi mentor debat Jokowi-Ma’ruf, gejolak tetap hadir di tubuh partai. Namun Afriansyah menegaskan, keputusan akhir haluan politik PBB untuk Pilpres akan diambil pada Rakornas PBB nanti.

“Akhir Januari ini,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Direktur Bidang Saksi TKN pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Lukman Edy menyebut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Izha Mahendra turut membantu pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam mempersiapkan debat kandidat pilpres 2019 yang akan digelar pada Kamis (17/1).

“Yang saya tahu Prof Yusril iya, karena memang tim kan,” kata Lukman saat dihubungi CNN Indonesia Selasa (15/1).