Sindir Sukmawati, Ustadz Yusuf Mansur Jelaskan Makna Dibalik Panggilan Adzan

Eramuslim – Ustaz Yusuf Mansur ikut berkomentar mengenai puisi Sukmawati Sukarnoputri yang menyindir adzan dan membandingkannya dengan kidung. Melalui akun instagramnya Ustadz YM mengingatkan lewat postingan ‘Belajar Azan bagian 1 sampai 13’.

“Tidak ada yang lebih indah dari suara adzan, demi Allah. Gak mungkin kita gak bergerak dan bergetar kalau kita mengetahui (maknanya) itulah azan,” ujar Ustaz Yusuf Mansur, Senin (2/4) waktu Istanbul.

Soal orang Muslim yang membandingkan adzan lebih buruk dengan perbandingan lain, menurut dia, barangkali banyak orang yang tidak tahu ketika diperdengarkan adzan.

“Sebenarnya siapa sih yang sedang diperkenalkan (dengan adzan) itu. Jadi ya wajar juga, itu tanggung jawab kita memperkenalkan. Banyak juga kok di antara kita acuh tak acuh (saat mendengar adzan). Ini jadi peringatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,” tutur Ustaz Yusuf Mansur.

Bayangkan bila seorang raja, presiden, gubernur atau wali kota datang. Ketika disebut dan dipanggil namanya saja semua orang siap-siap. Dari yang posisi santai ke posisi tegap. Ini karena diperdengarkan nama sang raja, presiden, gubernur atau walikota.