Suka Pamer Foto Makanan di Media Sosial, Dosa Enggak Sih?

Eramuslim – BAGI Anda yang terobsesi mengunggah foto makanan dan minuman di media sosial, mungkin harus berhati-hati. Sebab hal itu bisa menjadi kebiasaan sehingga muncul gangguan psikologis dan mental.

Bahkan, kini banyak orang sering keluar rumah untuk makan di suatu tempat, bukan karena orang tersebut lapar tetapi hanya untuk pamer di media sosial tentang apa yang dia makan, betapa kerennya tempat yang dikunjungi dan kapan akan kembali ke tempat tersebut.

Perkembangan teknologi tentu menciptakan ruang tersendiri bagi penggunanya yang dapat berinteraksi dengan pengguna lain tanpa harus berhadapan secara langsung. Dengan mengunggah makanan dan tempat makan yang dikunjunginya, secara tidak langsung memaksa pengguna media sosial lain melihat aktivitasnya dengan memamerkan foto makanan tersebut.

Terkait dengan foto makanan itu benar-benar dikonsumsi atau tidak, sudah bukan menjadi suatu hal yang penting. Bagi mereka hal yang diinginkan adalah agar orang lain menilai aktivitasnya menyenangkan melalui foto-foto tersebut.

Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa[1138], maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri.” (QS. al-Qashas: 76)