Surat Terbuka Dr. Chusnul Mariyah Untuk Megawati soal RUU HIP

Eramuslim.com -RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) terus menuai polemik, meski pemerintah telah menarik diri dari pembahasan RUU tersebut di Badan Legislatif (Baleg) DPR.

Publik tidak ingin RUU sebatas dihentikan pembahasannya. Mayoritas menuntut agar RUU usulan DPR ini dicabut dari program legislasi nasional (prolegnas).

Teranyar, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Chusnul Mariyah berkirim surat ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Surat itu berisi permintaan agar Megawati memerintahkan kader PDIP di DPR untuk membatalkan RUU HIP. Ini lantaran, RUU tersebut nyata-nyata akan mengubah Pancasila sebagai dasar negara menjadi ekasila.

Berikut petikan lengkap surat terbuka Chusnul Mariyah untuk Megawati Soekarnoputri:

Depok, 12 Juli 2020

Surat Terbuka

Chusnul Mariyah, Ph.D

(FISIP- UI)

Yang Terhormat Ibu Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum PDI Perjuangan

Assalamu’alaykum wr.wb.,

Ibu Megawati yang terhormat,

Semoga Ibu Megawati sehat walafiyat, dijauhkan dari musibah Pandemi Covid-19 ini. Saya menulis surat ini (sepertinya agak panjang) kepada Ibu Megawati dalam rangka meminta Ibu dapat memerintahkan ke petugas partai di eksekutif dan di DPR agar membatalkan RUU HIP. Karena ini bukti Pancasila diganti menjadi ekasila. Ibu Mega, adanya putusan MA itu legitimasi dan justifikasi dari kekuasaan pemerintah saat ini telah ambruk. Seluruh komponen Ummat Islam dan kelompok beragama lainnya bersatu menolak RUU HIP.