Survey IPI: Jokowi-Ma’ruf Berpeluang Kalah di Pilpres 2019

Burhan menjelaskan, kalau pemilu presiden diselenggarakan saat ini, maka pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan memenangkan pemilu presiden, tapi karena pemilu presiden diselenggarakan pada 17 April 2019 atau sekitar tiga bulan mendatang, elektabilitas 54,9 persen masih belum aman.

“Elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres masih bisa berubah dalam waktu tiga bulan ke depan. Apalagi masih ada indecided voters serta swing voters yang seluruhnya mencapai 25 persen,” katanya dilansir Antara.

Keunggulan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 20,1 persen, menurut dia, masih bisa berubah dengan adanya swing voters yang mencapai 25 persen.

Survei dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia terhadap sebanyak 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas dengan sampel acak di 34 provinsi di Indonesia, pada 6-16 Desember 2019.

Metode survei yang digunakan, yakni  wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Adapun margin of error rata-rata sebesar plus-minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [HT]