Tangani Sampah Jakarta, Sandi Akan Bangun PLTSa Standar Internasional

Eramuslim – Menangani persoalan sampah di Jakarta, Wagub Sandiaga menggelar pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Finlandia, Madam Raider di Balai Kota, Jakarta, Kamis (14/12).

Melalui pertemuan tersebut, Sandi mengungkapkan rencananya untuk membangun Pebangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang sudah lama diterapkan di Finlandia.

“Kita ingin mengkonversi sampah jadi berkah, mengkonversi sampah yang selama ini merepotkan kita, menjadi solusi energi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa),” ungkap Sandi.

Diketahui, per harinya sampah yang terkumpul di Jakarta mencapai 7000 ton, dengan angka sebanyak itu penanganan ekstra dirasa perlu.

“Ini yang akan dikerjakan bersama-sama dengan Jakpro dan tentunya dikawal oleh Pak Kepala Dinas Lingkungan Hidup,” sambungnya.

“Dengan PLTSa ini bisa mengurangi antara 2000 sampai 2200 ton per hari dan ini adalah kurang lebih seperempat daripada jumlah sampah yang dihasilkan,” tutur pria kelahiran Riau itu.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan, aturan hukum terkait pembangunan PLTSa pun telah dikantongi Pemprov DKI melalui Pergub nomor 50 tahun 2016 tentang Pembangunan dan Pengoprasian Pengelolaan Sampah Dalam Kota. (Swa/Ram)