Terjalin Pertemuan dengan HRS, Cak Imin: Semuanya untuk Berdiri Sejajar

Tanggapi Pertemuan dengan Rizieq Shihab, Cak Imin: Semua Kita Tarik dari Kiri ke Tengah
eramuslim.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin buka suara mengenai kunjungannya ke kediaman Habib Rizieq Syihab. Cak Imin diketahui berkunjung ke kediaman Rizieq bersama dengan bakal capres Anies Baswedan.

Imin menegaskan kehadirannya untuk menjadi saksi pernikahan putri dari Rizieq. Tetapi, di luar konteks kehadirannya, Imin bicara tentang persatuan.

“Saya ke Habib Rizieq diundang untuk menjadi saksi, tapi yang paling penting adalah sekeras-keras perbedaan pandangan, saya mengajak semuanya untuk berdiri sejajar, tidak ada yang menafikkan satu dengan yang lain,” tutur Imin di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (1/10/2023).

Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, seluruh pihak sudah sama-sama menyadari tentang platform bangsa Indonesia tentang Bhineka Tunggal Ika, di mana walau berbeda tetapi tetap bersatu.

Ia berkeyakinan semua pihak akan bersatu. Tidak ada lagi yang condong terlalu kanan atau terlalu kiri.

“Jadi saya kira lambat laun semua akan ke tengah. PKB konsisten di tengah, tidak boleh ada ekstrem kiri, tidak boleh ekstrem kanan. Semua kita tarik yang dari kanan ke tengah, yang dari kiri ke tengah itu lah Pancasila,” kata Imin.

Bukan Pertemuan Politik

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membenarkan pertemuan antara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan Habib Rizieq Syihab. Tetapi PKB menegaskan pertemuan yang turut dihadiri ketua umum mereka itu bukan pertemuan politik.

Ketua DPP PKB Lukmanul Hakim menegaskan baik Anies maupun Muhaimin atau Cak Imin bertemu Rizieq untuk memenuhi undangan pernikahan.

“Setahu saya beliau hadir karena diundang oleh Habib Rizieq Syihab dalam pernikahan putri beliau,” kata Lukmanul dikonfirmasi Suara.com, Rabu (27/9/2023).

Berdasarkan hal itu, Lukmanul menegaskan bahwa pertemuan pasangan AMIN dengan Rizieq bukan merupakan pertemuan politik.

“Jadi bukan pertemuan politik atau punya agenda khusus. Jadi kehadiran Mas Anies dan Gus Imin untuk hormat atas undangan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab,” ujar Lukmanul.

Hanya Penuhi Undangan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu dengan Habib Rizieq Syihab. Pertemuan tersebut diketahui melalui foto yang beredar.

NasDem yang mengetahui pertemuan Anies-Imin dan HRS menegaskan pertamuan tersebut bukan merupakan pertemuan yang direncanakan.

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim mengatakan keduanya bertemu Rizieq karena memenuhi undangan. Adapun undangan tersebut berkaitan dengan resepsi pernikahan putri Rizieq, yakni Syarifah Fairuz Syihab dan Sayyid Muhammad Bagir Alathas di Majelis Talim Markaz Syari’ah, Jalan Petamburan 3, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Imin menghadiri undangan pernikahan putri HRS,” kata Hermawi kepada Suara.com, Rabu (27/9/2023).

Sementara itu terkait kedatangan Imin bersama Anies, Hermawi menegaskan, selain kepada Imin, Rizieq turut mengundang Anies.

“Keduanya diundang, dan kebetulan bersamaan waktu kehadirannya. tidak ada janjian, tidak ada janjian. Ketemu secara alami,” kata Hermawi.

Menurut Hermawi tidak ada yang salah dari pertemuan, Rabu malam ini antara Anies-Imin dan Rizieq. NasDem memandang pertemuan dalam rangka memenuhi undangan pernikahan itu merupakan silaturahmi yang lumrah.

“Memenuhi undangan adalah sesuatu hal yang lumrah sebagai bagian dari silahturahmi sesama anak bangsa,” kata Hermawi. (sumber: Suara)

 

Beri Komentar