Tiru Program Anies-Sandi, Kapolri Bikin Rumah Dp Rp 0

Eramuslim – Polri membuat skema rumah dengan mekanisme DP Rp0 untuk anggota polisi. Skema tersebut dibuat, karena pembangunan rumah untuk anggota Polri masih kurang.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebut, saat ini dari 440 ribu anggota Polri, masih ada 300 ribu yang masih belum memiliki rumah.

“Kita masih kurang 300 ribu perumahan, untuk anggota yang 440 ribu. Kalau mengandalkan APBN sulit, karena itu saya sudah membuat skema DP 0 persen dengan bekerja sama dengan bank-bank pemerintah,” ujar Tito di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat 31 Agustus 2018.

Selain dengan bank pemerintah, Polri juga bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Realestate Indonesia (REI). Tito menjelaskan, pembangunan rumahnya dibiayai oleh bank, kemudian akan ada pemotongan gaji anggota.

“Kemudian para Kapolres dan Kapolda bekerja sama dengan REI bangun perumahan buat anggota, ditawarkan kepada anggota, cocok ya. Kemudian, pembangunannya dibiayai oleh bank, Bank Mandiri, BTN, BRI semua siap, Bank Niaga,” kata Tito.

Ia pun berharap, dengan adanya kenaikan tunjangan kinerja pada tahun ini yang mencapai 70 persen, nantinya setiap anggota diharapkan mampu membeli rumah.

“Setelah itu, anggota nanti tinggal dipotong gajinya. Nah, dengan adanya tunjangan kinerja yang 70 persen itu sebagian bisa dipotong untuk perumahan, sebagian bisa dipakai untuk kepentingan yang lain untuk keluarga,” kata Tito.