UAS Minta Umat Islam Jangan Cuek Dengan Politik

Eramuslim – Ustaz Abdul Somad mengimbau umat Islam tidak cuek dengan urusan politik. Terlebih pada 2018 sampai 2019, akan ada banyak kontestasi politik, mulai dari pilkada serentak 2018, pemilu legislatif, dan pilpres 2019.

Ustaz Somad menyebut belumlah sempurna keislaman seseorang bila belum paham dan memberikan kontribusi untuk urusan politik. “Seorang Muslim tak sempurna agamanya kalau tak paham politik,” jelas Ustaz Somad saat memberikan tausiyah di forum Lembaga Adat Melayu, di Pekanbaru, Selasa (15/5) yang disiarkan langsung melalui akun Instagram resmi Ustaz Somad.

Alumni kampus Al Azhar, Kairo, Mesir itu menjelaskan, memahami dunia politik untuk memperjuangkan kepentingan Islam sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad ﷺ.

Ustaz Somad menyebut usia Nabi 63 tahun terbagi ke dalam tiga masa. Dari kecil sampai Nabi berusia 40 tahun, ia fokus memperbaiki diri, yakni memperbaiki akhlak, tidak berzina, tidak meminum khamar, dan tidak melakukan perbuatan dosa lainnya.

Begitu memasuki usia 40 tahun, Nabi mulai berdakwah. Nabi mulai mengajak umat manusia agar menyembah Allah dan menjalankan syariat sesuai perintah Allah. Di masa inilah, kata Ustaz Somad, Nabi mulai dimusuhi kaum kafir Quraish, seperti Abu Sofyan, Abu Lahab, dan Jahal dan lain-lain. Dakwah Nabi menganggu kepentingan kafir Quraish yang saat itu mengambil keuntungan dengan menyembah berhala.