Ust. ABB Akhirnya Dirawat di RSCM

Eramuslim.com – Ustd. Abu Bakar Ba’asyir dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat karena mengalami pembengkakan pada kakinya.

Menurut Koordinator Tim Pembela Muslim (TPM), Ahmad Michdan, pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu sudah tidak fit dan sudah masuk usia sepuh.

“Beliau dibawa ke RSCM sejak kemarin pagi, karena pembengkakan di kakinya dan harus perlu perawatan dokter,” kata Michdan Sabtu (21/10/2017).

Oleh karena itu, ia berharap kepada pemerintah agar dipindahkan penahanan Abu Bakar Ba’asyir dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Mengingat keluarga Abu Bakar Ba’asyir di Solo sudah meminta kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas).

“Keluarga beliau yang di Solo minta agar beliau dipindahkan karena sudah sepuh, jadi agar dekat dengan keluarga,” pungkasnya.

Sebelumnya, terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir mengalami gangguan aliran darah di kakinya sehingga menyebabkan pembengkakan pada bagian kaki.

“Masalah vena dalam tidak kuat untuk memompa darah ke atas, katup-katup tidak ditemukan sumbatan dan ‘flow’ arteri pembuluh darah utama bagus alirannya. Masalahnya di vena dalam dan katub yang menyebabkan kaki ustad bengkak,” ujar Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Joserizal Jurnalis di Kantor MER-C.

MER-C sebagai lembaga kesehatan yang ditunjuk oleh keluarga Ba’asyir memaparkan kondisi kesehatan terakhir Ba’asyir dari pemeriksaan di RS Harapan Kita pada Kamis 10 Agustus 2017, setelah mendapat persetujuan dari keluarga.

Saat dilakukan pemeriksaan jantung, ia mengatakan ditemukan penyumbatan, tetapi secara umum kondisi jantung pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu’min, Ngruki itu baik.(kl/ts)