Dr. Syahganda Nainggolan: Mengkepret Jokowi

Kenapa takut KPU diaudit? kata Rizal.

Di akhir suratnya Rizal mengingatkan Jokowi bahwa bagaimana Jokowi menangani krisis nasional ini akan menentukan warisan Jokowi sebagai presiden (keteladanan).

Pertemuan Rizal dan Sekjen PDIP

Seperti diceritakan Rizal, seminggu lalu Sekjen PDIP membawa pesan perdamaian dari Megawati kepada Rizal Ramli di rumahnya,  Jalan Bangka, Kemang.

Alih-alih coba meyakinkan Rizal, Hasto sang Sekjen, malah berkeluh kesah dengan situasi Megawati yang mengalami ketidaknyamanan dalam rezim Jokowi selama ini. Hasto mengatakan bahwa koalisi rezim selama ini ditopang oleh Megawati,  tapi Megawati hanya mendapatkan menteri yang tidak “basah”.

Untuk itu Rizal Ramli menawarkan agar PDIP dan Megawati mempertimbangkan ulang di mana sebaiknya mereka berkawan membangun bangsa.

Penutup

Pada 1997 saya dibawa Rizal Ramli ke acara Mubes Nahdatul Ulama di Lombok. Rizal ingin meyakinkan saya bahwa Gus Dur siap menumbangkan Suharto dan Rizal adalah orang yang paling diandalkan Gus Dur.

Memang benar, ketika di Lombok Rizal satu-satunya orang yang saya lihat tidak cium tangan pada almarhum. Dan dia memberikan ceramah bagaimana Suharto akan jatuh di hadapan ribuan kiai yang hadir.

Sepanjang hidupnya, baru Gus Dur yang tidak dikepret Rizal Ramli. Selebihnya,  Suharto, Habibie, Megawati dan Jokowi telah dikepret Rizal. Sebagai Rajawali Kepret memang Rizal tidak punya “syaraf takut” dan “syaraf penjilat”. Semua kezaliman akan ditantangnya tanpa kompromi.