Gunakan Hak Veto, Amerika Serikat Kembali Gagalkan Resolusi Damai Palestina-Israel

-Amerika Serikat kembali menggunakan hak vetonya untuk membatalkan rancangan resolusi perdamaian Palestina-Israel dalam pemungutan suara anggota Dewan Keamanan PBB hari Selasa (30/12).

8 negara menyatakan dukungan mereka atas rancangan resolusi perdamaian yang diajukan oleh delegasi Palestina tersebut, sedangkan 2 negara lainnya menolak dan 5 negara menyatakan abstain, seperti dilansir Teluk online dalam pemberitaannya pada Rabu (31/12) pagi.

Tercatat negara yang memberikan suara dukungan atas rancangan resolusi tersebut adalah Perancis, China dan Rusia, sedangkan Amerika Serikat dan Australia menyatakan penolakan atas rancangan tersebut.

Rancangan resolusi yang baru di amandemen berisi pengajuan kota Yerusalem Timur sebagai ibukota negara, penghentian pembangunan pemukiman baru Yahudi di wilayah Tepi Barat dan pembebasan seluruh tahanan, serta penghancuran tembok pemisah dengan Israel yang dituding ilegal dalam pembangunannya dan penarikan pasukan Israel dari seluruh Palestina akhir 2017 mendatang.

Rancangan tersebut dimotori oleh Yordania yang menjadi satu-satunya negara Arab dalam perwakilan DK PBB. (Rassd/Ram)