Hamas Bubarkan Komite Administratif Di Gaza

Eramuslim.com – Pemerintah Palestina di Ramallah pada hari Minggu menyambut baik keputusan Hamas untuk membubarkan komite administratif yang mengawasi pemerintah Jalur Gaza.

“Keputusan Hamas untuk membubarkan komite administratif yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintah setelah pemerintah Nasional melarang komite tersebut melakukan tugasnya adalah merupakan langkah ke arah yang benar,” kata juru bicara pemerintah, Youssef al-Mahmoud.

Juru bicara tersebut menekankan bahwa pemerintah “memiliki rencana yang komprehensif … untuk mengambil alih tugasnya di jalur gaza dan aka. meringankan penderitaan orang-orang yang teguh berada di bawah blokade Israel.”

Gerakan Hamas hari ini mengumumkan pembubaran komite administratif yang dibentuk khusus untuk mengelola Jalur Gaza, Hamas menyerukan kepada pemerintah persatuan yang dipimpin oleh Rami al-Hamdallah untuk datang ke Jalur Gaza dan menjalankan fungsinya serta mengumumkan persetujuan untuk mengadakan pemilihan umum.

Pengumuman Hamas muncul setelah perundingan terpisah oleh delegasi Hamas dan Fatah dengan pejabat intelijen Mesir di Kairo dalam beberapa hari ini.

“Putaran perundingan yang disponsori oleh Republik Arab Mesir ini merupakan peluang bersejarah yang nyata setelah kegagalan semua upaya sebelumnya untuk mengakhiri perpecahan tersebut,” kata juru bicara pemerintah Palestina.

Gerakan tersebut membentuk komite administrasi pada bula Maret lalu, dengan mengabaikan “pemerintah persatuan” yang dibentuk pada tahun 2014 dan kemudian tidak dapat melaksanakan tanggung jawabnya di Gaza karena kontrol Hamas yang efektif atas wilayah tersebut. (Skn/hr)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/167492.htm