Hari Ini, Pejuang Palestina Hadir di Mesir Bahas Gencatan Senjata

Hari ini, Selasa (29/4) delegasi dari kelompok pejuang Palestina berdatangan ke Kairo Mesir. Mereka rencananya akan membicarakan ide gencatan senjata dengan Israel yang dimediatori oleh petingi Mesir.

Menurut koresponden Aljazeera di Kairo, para perwakilan pejuang Palestina itu sudah tiba di Mesir sejak kemarin, dari Ghaza, dan telah melakukan dialog dengan beberapa petingi Mesir terkait rencana gencatan senjata dengan Israel.

Utusan Hamas, telah kembali ke Ghaza dari Kairo sejak hari Jum’at lalu, setelah menyepakati sejumlah poin gencatan senjata temporer selama enam bulan, bersama sejumlah petinggi Mesir. Setelah Hamas, kini giliran perwakilan tiga kelompok Palestina yang hadir di Mesir, yakni Lijan Muqawama Sya’biya, Jabha Syabiya li tahrir Filestine, dan Jabha Dimuqratiya li tahrir Filestine.

Menurut Dubes Palestina di Kairo, Nabil Amru, dirinya akan memantau berbagai pertemuan yang dilakukan perwakilan Palestina itu, mewakili gerakan Fatah yang tidak mau hadir. Ia juga menegaskan bahwa Abbas memang telah mendelegasikan dubes Palestina untuk mengikuti berbagai pertemuan yang dilakukan delegasi Palestina dengan pihak lain di Mesir.

Pihak Fatah mengaku telah menyetujui apapun yang dihasilkan dari perundingan itu.”Fatah menganggap bahwa upaya Mesir tidak lain adalah untuk kemaslahatan rakyat Palestina, ” demikian urai Presiden Palestina Abbas dalam siaran persnya.(na-aljz)