Israel menyerang Palestina, Mesir langsung ambil sikap

Presiden Mesir Dr Mohamed Mursi Rabu malam (14/11) memutuskan untuk menarik duta negaranya untuk Israel, sehubungan dengan adanya agresi  militer Israel  di jalur Gaza.

Yasser Ali, juru bicara presiden mengatakan dalam konferensi pers rabu malam, “Presiden Muhammad  Mursi menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Palestina atas jatuhnya korban setelah serangan Israel tersebut.”

Presiden menekankan bahwa perwakilan mesir yang sedang menghadiri undangan Dewan Keamanan PBB langsung membahas serangan Israel terhadap warga sipil palestina serta menyerukan penghentian segera dari segala bentuk agresi.

Dia menjelaskan bahwa Presiden juga telah menghubungi Sekretaris Jenderal Liga arab meminta diadakan pertemuan darurat para menteri luar negeri Arab untuk membahas Agresi ini.

Menurut laporan BBC, serangan Israel tersebut telah menewaskan pemimpin militer HAMAS, Ahmed Jabari. Israel menuding Jabari bertanggung jawab atas serangkaian serangan temasuk penyanderaan tentara Israel, Gilad schalit pada 2006.

Badan Intelijen dalam negeri Israel Shin bet dengan pongah mengukuhkan serangan udara dan mengatakan ,”Jabari adalah Komandan paling senior sayap militer Hamas di jalur Gaza. Sebagai bagian dari status dan aktivitasnya, Jabari bertanggung jawab atas semua kegiatan teroris terhadap Israel dari Gaza selama satu dekade terakhir,” Shin bet dalam pernyataannya . (Her)