Mengakhiri Pengepungan Gaza

Blokade yang dilakukan oleh Israel terhadap Gaza, tujuannya untuk mendorong warga Gaza menggulingkan Hamas. Pada Februari 2006, menyusul kemenangan Hamas dalam pemilu, seorang penasihat Perdana Menteri Israel, Ehud Olmert, Dov Weisglass, menggambarkan esensi dari kebijakan Gaza Israel. "Kita membuat rakyat Palestina menurunkan berat badannya, tapi tidak mati kelaparan," ucap Dov.

Meskipun setiap rakyat Gaza dengan cepat mengetahui akibat blokade, terutama terhadap pergerakan barang -dan orang- dari dan ke Gaza, yang sebenarnya telah terjadi sebelum pemilu, dan menyebabkan krisis di Gaza.

Apalagi setelah Hamas mengambil seluruh Gaza dari tangan Mahmud Abbas, dan mengambil seluruh asset yang dimiliki Fatah, seperti senjata dalam jumlah besar, serta kantor-kantor yang menjadi milik Otoritas Palestina. Pertempuran yang singkat yang berlangsung di Gaza telah mengakhiri kekuasaan Fatah yang sudah berlangsung puluhan tahun di Gaza, pada Juni 2007.

Sementara blokade terhadap kebutuhan pokok dan infrastruktur oleh Israel untuk mendorong rakyat Palestina menggulingkan pemerintah yang mereka pilih, ternyata tidak efektif, dan malah memperbesar dukungan rakyat Gaza kepada Hamas. Inilah yang tidak dipahami oleh Israel.

"Pengepungan telah membantu Hamas mengkonsolidasikan diri sebagai sebuah kekuatan politik yang berkuasa, dan ini sebagai latihan bagi pemerintah yang semakin efektif," kata Yezid Sayigh dalam sebuah laporan baru-baru ini studi-"Perjalanan Gaza"- untuk Brandeis University Crown yang merupakan Pusat Studi Timur Tengah.

Hamas telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak dari pengepungan dengan meningkatkan sektor pertaniannya. Hamas tetap menggunakan perdagangan lewat terowongan dengan baik di perbatasan Gaza-Mesir. Hamas telah mengambil langkah konkret untuk mengurangi dampak pengepungan secara efektif dan meningkatkan kemampuan dalam negeri, terutama sektor pertanian dan hasil laut.

Menteri pertanian Hamas, Muhammad al-Agha, telah menerbitkan rencana sepuluh tahun yang dirancang untuk mengatasi langkah blokade dengan meningkatkan produksi pangan lokal dan swasembada pertanian di Gaza.

"Rencana untuk tahun 2020", sebuah dokumen itu didiskusikan oleh 150 akademisi dan peneliti, menurut kementerian pertanian, dan akan menjawab tantangan blokade Israel dengan inisiatif lokal.

Misalnya, larangan Israel pada pupuk telah mendorong Hamas untuk mengeksplorasi pengolahan limbah, yang telah dipompa, ke laut dari Gaza sejak kegagalan fasilitas pengolahan beberapa tahun sebelumnya, tetapi sekarang telah berhasil diperbaiki, sehingga tidak perlu lagi tergantung pupuk dari Israel.

"Ketika Israel mulai mencegah persyaratan pertanian, kami pindah ke pertanian organik untuk mengatasi kebutuhan kita", kata Agha.

"Apa yang kami lakukan adalah melaksanakan model pertanian baru yang merupakan transformasi limbah pertanian atau rumah tangga menjadi pupuk organik yang kita gunakan kemudian di bidang pertanian," kata al-Agha, yang juga seorang profesor ilmu lingkungan di Universitas Islam di Gaza.

"Apa yang kami coba lakukan adalah merubah budaya bangsa kita secara bertahap untuk pertanian organik, makanan organik dan produksi organik," kata al-Agha.

Rencananya, sebagai "The New Economic" baru-baru ini dijelaskan, adalah untuk "mengubah Gaza ke salah satu pertanian organik besar".

Pada tahun-tahun sebelumnya, ekspor Gaza terfokus pada pemotongan tanaman menjadikan rentan sektor pertanian. Sebagai catatan rencana strategis, ekspor pertanian akan melibatkan "besarnya, penggunaan air segar dan bahan-bahan lainnya," meninggalkan kelangkaan air yang terkontaminasi oleh pupuk kimia dan pestisida.

Gaza akan menjadi daerah yang makmur dan tempat penyangga kebutuhan pokok yang bersumber dari pertanian. Tidak perlu lagi tergantung dari luar. Hamas akan tetap eksis tanpa bantuan dari Israel atau negara lainnya, yang memusuhi Hamas. (m/aljz).