Misil Zionis Israel Hujani Mobil-Mobil Pejuang Palestina

Mobil yang dikendarai pejuang Palestina, kini menjadi target sasaran misil Israel yang ditembakkan oleh pesawat tempur maupun helikopter militer. Namun serangan yang diarahkan pada para pejuang Palestina itu juga menimbulkan korban sipil.Tak kurang satu hari kemarin, menurut albawaba, sedikitnya 35 warga Palestina, termasuk pejuang mereka, gugur.

Senin (10/7) din hari serangan udara yang dilancarkan oleh Israel menewaskan seorang warga Palestina dan melukai warga lainnya di jalur Gaza. Sementara tentara Israel menyatakan bahwa serangan itu diarahkan pada sekelompok orang yang sedang berusaha menembakkan sebuah roket ke arah Israel.

Serangan udara itu juga mengenai sebuah kendaraan yang membawa anggota Hamas di Gaza, melukai lima warga Palestina, termasuk seorang bocah perempuan berusia delapan tahun. Tidak hanya itu, dua warga Palestina juga tewas oleh serangan udara yang dilakukan oleh Israel, yang mengenai sebuah mobil di jalur Gaza di kota Khan Yunis. Korban tewas adalah Muhammad Khalifa, 24 dan Ra’id Abu Salah, 25 yang meninggal di tempat.

Aktivitas militer yang dilakukan Israel dengan intens di jalur Gaza memang agak kurang signifikan pada hari minggu kemarin tapi seorang sumber Israel menekankan bahwa hal ini sama sekali tidak berkaitan dengan telepon dari Perdana Menteri Ismail Haniyah Sabtu lalu yang memberikan opsi damai.

Tidak lama setelah itu, minggu dini hari, sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh Israel mengenai sebuah bangunan di pinggiran kota Gaza dan menyebabkan bangunan itu terbakar, ujar seorang saksi mata. Tak ada yang terluka dalam serangan yang memang ditujukan untuk merusak bangunan-bangunan di Gaza.

Seorang penduduk sipil Palestina tewas dan sebelas lainnya luka luka oleh serangan udara Israel yang lain di jalur Gaza pada hari yang sama. Penduduk sipil itu adalah Bilal Sliman Rabah, seorang pramuniaga toko yang berusia 18 tahun. Ia tewas karena serangan udara yang dilakukan oleh Israel melontarkan misil ke sebuah mobil yang dikendarai pejuang Hamas di Rafahm selatan kota Gaza minggu siang.

Sebelumnya minggu dini hari, Israel menembakkan serangan udara ke arah mobil kedua, yang diduga membawa aktivis Hamas, di Jabalya di dekat kota Gaza. Penumpang mobil tidak terluka tapi beberapa pejalan kaki terluka. (na-str/albwb)