Palestina Buka Kedutaan Besar Pertama Di Eropa

mahmudabbasEramuslim –Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, secara resmi membuka Kedutaan Besar Palestina di ibukota Stockholm, Swedia, pada Selasa (10/02) malam, sebagai bagian dari perjanjian kerjasama yang telah disepakati oleh kedua negara.

Dalam pidato peresmiannya, Abbas menyerukan negara-negara Eropa lainnya untuk mengizinkan Palestina membuka kedutaan besarnya seperti yang dilakukan pemerintah Stockholm.

Peresmian kedutaan besar Palestina ini merupakan bagian dari perjanjian kerjasama pembangunan antara kedua negara, setelah sebelumnya Palestina hanya dapat mendirikan kantor diplomasi di negara Skandinavia tersebut.

Tercatat dalam hubungan kerjasama tersebut, pemerinath Swedia bersedia mendanai pembangunan lembaga-lembaga sosial, pendidikan, dan infrastruktur Palestina di wilayah Tepi barat.

Perlu diketahui bahwa ini merupakan kedutaan besar pertama Palestina di wilayah Eropa, setelah pemerintah Swedia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat pada 30 Oktober 2013 lalu.

Langkah pemerintah Swedia tersebut kemudian disusul oleh parlemen beberapa negara Eropa seperti Inggris, Perancis dan Spanyol pada akhir tahu 2014 lalu, dalam sebuah resolusi tidak mengikat kepada pemerintah yang mendukung mengakui negara Palestina. (Skynewsarabia/Ram)