Pernyataan Resmi Hamas, "Tangkap Lebih Banyak Pasukan Israel, untuk Bebaskan Tahanan Palestina"


Setelah berbagai langkah diplomatik dan upaya menjalin kesepakatan, dianggap gagal untuk membebaskan para tawanan Palestina, Hamas resmi serukan semua faksi perlawanan Palestina untuk lebih berinisiatif dan melakukan penangkapan serdadu Israel lebih banyak lagi, sebagai cara untuk memaksa Israel mau membebaskan ribuan tawanan Palestina di penjara Israel.

Dalam pernyataan persnya yang diterima Palestina Information Center menyampaikan hari peringatan terhadap para tawanan Palestina yang akan diselenggarakan pada hari Selasa (17/4), Hamas menyatakan, “Kami serukan kepada seluruh faksi perlawanan Palestina: Al-Qassam, Al-Aqsha, Alwiya Nashr, Saraya Al-Quds, Abu Ali Mushtafa, Muqawamah Wathaniyah dan lain-lainnya, untuk segera berinisiatif untuk bergerak dan terlibat, merencanakan langkah pembebasan tahanan melalui aksi-aksi lapangan, utamanya dengan menawan serdadu Zionis Israel. Itulah cara yang paling efektif untuk membebaskan tawanan kita dari belenggu penjajah Zionis. ”

Hamas menyatakan pula keharusan seluruh faksi pejuang Palestina memperbaharui tekad untuk membebaskan seluruh tahanan Palestina laki-laki maupun perempuan, tanpa peduli dengan aliansi kelompok maupun golongan manapun. “Berapapun harga yang harus kita bayar, dengan cara yang mungkin di lakukan, terlebih setelah semua tawaran yang diajukan untuk membebaskan mereka secara diplomatik internasional dan kesepakatan yang hina, pertemuan sembunyi-sembunyi dan janji dusta. ”

Seperti diberitakan, Hamas mengajukan sejumlah nama tawanan Palestina yang harus dibebaskan untuk menebus serdadu Israel Ghilad Shalit yang sudah hampir 10 bulan disandera oleh pejuang Palestina. Hamas mendesak Israel segera membebaskan 41 anggota legislatif Palestina yang secara semena mena ditangkap oleh Israel. Israel dituntut serius untuk tidak mengulur-ulur waktu, dan tidak melakukan tindakan curang yang akan merugikan Israel sendiri.

Rencananya, hari Selasa ini, Hamas akan menggelar aksi jalanan besar untuk mengingatkan rakyat Palestina akan ribuan saudara-saudara mereka yang ditahan Israel. Mereka akan berkumpul di depan gedung parlemen menyatakan solidaritasnya bagi para tawanan. Peserta demonstrasi rencananya merupakan gabungan dari elemen masyarakat umum, mahasiswa, anak sekolah dan para keluarga tawanan. (na-str/pic)