Persatuan Ulama Muslim Internasional: Hamas Adalah Gerakan Pejuang Pembebasan Palestina

Dr. Ali al-Qura DagiEramuslim – Sekretaris Jenderal Persatuan Ulama Muslim Internasional, Dr. Ali al-Qura Dagi, menyatakan bahwa Hamas adalah organisasi perjuangan dan pembebasan dari tangan penjajah yang sesuai dengan aturan Islam dan undang-undang internasional.

Pernyataan ini dilontarkan Dr. Ali al-Qura Dagi pada hari Minggu (01/03), menanggapi vonis pengadilan Kairo yang memasukan organisasi perjuangan Palestina tersebut dalam daftar kelompok teroris pada hari Sabtu (28/02) kemarin.

Dalam pernyataannya, Dr. Ali al-Qura Dagi mengatakan, “Hamas adalah gerakan pembebasan nasional, dan beroperasi sesuai dengan hukum Islam yang memberikan hak untuk membela tanah air Palestina terhadap pendudukan Zionis Israel.”

Dr. Ali al-Qura Dagi menambahkan, “Hukum internasional memberikan hak gerakan pembebasan nasional untuk membela tanah air mereka terhadap pendudukan asing, dan Hamas adalah pejuang ditanah mereka yang dirampas oleh penjajah Israel.”

Sekretaris Jenderal Persatuan Ulama Muslim meminta negara-negara dan pemimpin muslim dunia untuk berdiri di samping Hamas dan mendukung gerakan ini untuk berjuang membebaskan tanah Palestina.

Vonis pengadilan Kairo ini datang setelah pengacara Ashraf Said Ibrahim mengajukan dakwaan kepada pemerintahan dan pengadilan Mesir untuk memasukan Hamas dalam daftar teroris pada bulan Januari lalu. (Rassd/Ram)