Zionis Israel Bujuk Rumania dan Ceko Pindahkan Kedubes ke Al Quds

Eramuslim – Wakil Menlu Israel, Tzivi Hutubly, dilaporkan tengah mengunjungi Rumania dan Ceko dalam rangka membujuk kedua Negara agar memindahkan kedubesnya ke Al Quds.

Dalam pemberitaannya pada hari Rabu (11/04) kemarin, Jerusalem Post edisi Rabu melaporkan bahwa Hutubly bertemu dengan PM Viorica Dăncilă dan sejumlah menteri serta pimpinan parlemen Rumania.

Pertemuan keduanya dalam rangka meyakinkan Rumania agar memindahkan kedubes ke al-Quds, pasca putusan Amerika akhir tahun lalu.

Ceko menjadi negara selanjutnya Wamenlu Tzivi Hutubly dalam lawatannya ke luar negeri dengan tujuan yang sama.

Perlu diketahui bahwa Rumania dan Ceko termasuk dalam 28 negara Uni Eropa yang abstain dalam voting mendukung PBB yang menolak perubahan status Al Quds dan pemindahan kedubes kesana.

6 Desember 2017, Presiden Amerika Serikat Donald trump mendeklarasikan pengakuan Al Quds sebagai ibukota Zionis Israel, serta mengumumkan pemindahan Kedubes AS ke kota suci ketiga umat Islam.

Dijadwalkan pada 14 Mei mendatang Gedung Putih akan meresmikan pemindahan kedubes negaranya dari Tel Aviv ke Al Quds, disusul dengan Guatemala dua hari setelah Amerika. (Pip/ram)